Puding ubi jepang

Minggu, 23 Mei 2010

Gw dpt resep ini dah lama, tp br sempet praktekin hari ini. Itu jg gara2 gw buka kulkas kaget krn tnyata ubi jepang blm abis.

Ini dia resepnya

PUDING UNGU UBI JEPANG

BAHAN:
200 gram ubi jepang kukus/rebus, haluskan
1 bungkus bubuk agar-agar 7g
700 cc susu cair putih
150 gram gula
2 butir putih telur
25 gram gula halus


CARA MEMBUAT :

Campur ubi halus dengan susu, kemudian tambahkan gula dan susu cair dan agar-agar bubuk.

Panaskan di api sedang sambil terus diaduk

Setelah mendidih matikan

Tuang 2/3 ke Loyang agar-agar yang telah diperciki air matang. Diamkan. (jangan dimasukkan kulkas ya, ntar embunnya membuat agar-agar tersebut tidak mau nyambung). Sisa 1/3 taruh di atas api keciiil dengan sekali-sekali diaduk.

Setelah pudding mulai jadi atasnya (tidak lengket ditangan), Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi, setelah mengembang tambahkan gula halus, kocok sampai kaku.

Dengan kecepatan rendah masukkan adonan agar-agar sedikit demi sedikit. Awalnya warnanya akan menjadi hijau telur asin, terus tambahkan adonan agar-agar sampai habis dan menjadi ungu muda.

Tuang adonan ke atas adonan pudding tadi.

Dinginkan, dan sajikan.

Lebih enak jika dimakan dengan saus manis-asam segar, seperti saus strawberry. Dapat dibuat dari juice strawberry segar yang ditambahkan gula dan air, kemudian dikentalkan dengan larutan maizena. Atau bisa juga dengan sirup strawberry yang kemudian ditambahkan selai strawberry dan dikentalkan dengan larutan maizena.

------------------------------------------------------

Pengalaman gw :

Tema pembuatan kue hari ini adalah pake aja apa yg tersedia di kulkas berhubungan lg tanggal tua hihihi

- gw cuma punya susu cair 500ml
- agar2 bubuk yg ada di warung adanya merah, yasudlah pake aja

Proses pertama merebus ubi, gw tinggal ke kamar sambil main ama cheryl, 25 menit coba ngintip tusuk2in garpu ke ubi, ahh kayanya blom deh, masuk lg ke kamar main lg eh malah ketiduran hehehe, lgs aja gw cek ke dapur dan kayanya dah empuk tuh.

Lanjut nyiapin smua bahan.

Kupas ubi&bejek2 pake garpu ampe ancur trus masukin susu, gula, agar2. Uda kecampur smua trus di rebus deh sambil di aduk terus. Ehh pas br merebus, mba tati dtg blg "mestinya td ubinya di blender biar rata". Jyaaahhh telaaatttt.

Stlh mendidih. Tungguin bentar. Trus gw ngocok putih telur pake mixer, campur gula alus. Trus campurin deh sisa 1/3 adonan puding td, kocok kecepatan rendah. Lalu masukan ke atasnya puding yg dah mengeras td.

Nah... Di resep kan di kasi tau warna awalnya ijo lalu makin lama jd ungu. Tp krn gw pake agar2 merah, jd kan nyampur tuh. Akibatnya bukan warna ungu yg di dapat, melainkan pink butek *ouchh*

Masukin kulkas, stlh dingin keluarin dr cetakan. Hmmm... Sperti biasa napsu aja mo makan blm sempet foto2.

Nah skrg bagian plg penting neh... RASA! Yap rasa, apalagi ttg makanan kalo bukan rasa. Mo secantik apa tuh bentuk sajian klo ga enak mah tetep aja ga akan masuk perut, ya ga? Hehehe

Tapiiiii... Lidah gw tuh sama skali bukan perasa yg baik. Jd jgn tanya gw soal rasa makanan, ga akan objektif deh :p

Dan gw ga terlalu suka agar2 or puding, jd gw slalu nyembunyiin rasa puding dgn fla atau susu kental manis yg gw tuang banyak2. So... Kita tanya nyokap gw aja yuk gmn rasanya...

Ehm ehm... *ancem*
Hahhaha ga deenggg

Kata nyokap gw secara jujur (jujur ato kasian ama gw ya?), pudingnya terasa bgt rasa ubinya, manisnya pas buat tmn minum kopi klo sore alias ga kemanisan, ga keras n ga lembek jg, sekel padet berisi.

Eh kok kaya badan gw ya? Hahaha

Nahhh ada lg satu indikator keberhasilan gw masak nih... CHERYL!

Klo dia doyan artinya gw berhasil. Masalahnya pas gw nulis ini dia lg tidur sore n blm sempet nyobain. Yahh smg doyannn yaaa :)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Komentar

  1. chingu cari ubi jepang dimana ???
    kl d gnt ubi biasa gmna ???

    BalasHapus
  2. Ada di superindo atau di total buah say. Bisa sih tp kayanya lbh lembut ubi jepang deh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer