Rabu, 15 Februari 2017

Bagaimana Merawat Gigi Saat Hamil




1. Sebelum Kehamilan
- kunjungi dokter gigi dan cek apakah gigi dan gusi dalam keadaan sehat
- hormon-hormon yang meningkat selama kehamilan dapat membuat gigi dan gusi jadi sangat sensitif
2. Trimester Pertama
- perubahan level hormon dapat menyebabkan gusi bengkak dan meradang, ini yang disebut gingivitis kehamilan
- berkumur secara teratur jika terserang morning sickness
- dokter gigi akan memberikan kumur fluoride untuk digunakan selama masa kehamilan
- gunakan sikat gigi yang lembut dan kecil untuk menghindari mual
- jangan menggosok gigi setelah muntah

3. Trimester Kedua
- hindari snack tinggi gula 
- Jaga asupan makanan dengan banyak mengkonsumsi vitamin C, kalsium, vitamin B12, ini akan membantu menjaga gigi tetap sehat
- Tunda dulu rencana bleaching gigi selama kehamilan
- Kadang beberapa orang terdapat tumor kecil temporer pada mulut atau pipi saat hamil. Hal ini dikenal sebagai pregnancy granuloma atau pregnancy tumor

4. Trimester Ketiga
- hindari tindakan besar selama 6 minggu terakhir kehamilan
- Tetap lakukan perawatan gigi di rumah yaitu menggosok gigi dan flossing
- Jadwalkan cek ke dokter gigi setelah bayi lahir

5. Masa Menyusui
- segera cek ke dokter gigi untuk pemeriksaan kesehatan gigi 
- Tindakan bedah dan tindakan besar lainnya yang ditunda dapat dilakukaan saat ini
- Rontgen dan anestesi lokal aman dilakukan saat menyusui
- Mulai menyikat gigi bayi anda dengan sikat gigi halus dan air begitu gigi pertamanya tumbuh
- Bicarakan dengan dokter gigi untuk mengganti tambalan amalgam karena merkuri yang terkandung di dalamnya bisa melintas melalui ASI dalam konsentrasi tinggi

6. Perkembangan Gigi Anak Pada Masa Kehamilan
- gigi susu mulai berkembang 3 bulan pertama masa kehamilan. Apa yang ibu makan mempengaruhi perkembangannya
- Pengobatan tertenty seperti antibiotik sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan noda pada gigi bayi

7. Mitos Seputar Gigi dan Kehamilan
- setiap kehamilan akan hilang 1 gigi
- Bayi mengambil kalsium dari gigi ibu
- Tidak aman mengunjungi dokter gigi saat hamil
- Tidak bisa rontgen saat hamil (jika diperlukan, rontgen bisa dilakukan dengan sangat berhati-hati)


Sumber : www.rusnacfamilydentistry.com



Senin, 06 Februari 2017

Memperbaiki Senyum Dengan Crown

Untuk memperbaiki lubang gigi yang sudah cukup besar, gigi yang patah, atau perubahan warna gigi, kita dapat menggunakan crown. Ada beberapa macam crown berdasarkan bahan material pembuatnya, berikut  adalah perbedaannya :

1. Stainless Steel
# khusus di gunakan sementara untuk gigi permanen
# melindungi gigi sementara sambil menunggu crown yang permanen selesai dibuat
# sering digunakan pada gigi susu karena crown akan lepas seiring gigi yang tanggal

2. Metal
# crown metal meliputi emas, palladium, nikel, dan chromium alloy
# tidak butuh banyak jaringan gigi yang di preparasi untuk pemasangan metal crown
# tahan lama tetapi warna nya mencolok, jadi merupakan pilihan tepat untuk gigi belakang

3. Metal Porselen
# bisa dicocokkan dengan warna gigi asli untuk menyesuaikan dengan gigi sebelahnya
# metal akan terlihat di bagian garis gusi seperti area gelap
# bisa menyebabkan aus gigi lawan dibanding material lain

4. Ceramic/porselen
# pilihan terbaik untuk warna gigi dan tidak mencolok
# solusi ideal untuk pasien yang alergi terhadap metal atau logam
# pilihan utama untuk gigi depan




Alasan memilih crown :
1. Perlindungan
Crown melindungi gigi berlubang, rapuh atau patah dari kerusakan lebih lanjut

2. Pemulihan
Crown mengembalikan fungsi dan estetik dari gigi yang rusak

3. Dukungan
Crown dapat menggantikan tambalan yang cukup besar yang biasanya sudah tidak ada daya retensi

4. Pengganti
Crown dapat digunakan sebagai penjangkaran pada bridge untuk menggantikan gigi yang hilang

5. Estetik
Gigi yang berubah warna atau cacat bentukya dapat diperbaiki dengan crown





Rabu, 01 Februari 2017




Fakta Unik Tentang Gigi

Februari adalah bulan kesehatan gigi anak Nasional, jadi kami telah mengumpulkan beberapa fakta lucu tentang gigi pada manusia juga hewan.

1. Tidak Ada Lubang?
Ada bukti yang menunjukkan bahwa anak-anak jaman prasejarah tidak memiliki lubang gigi karena mereka tidak mengkonsumsi gula!

2. Kesalahan Pada Gigi Susu
Kita semua berpikir senyum pada bayi baru lahir hanya akan terlihat gusi yang indah, tapi tahukah anda bahwa 1 dari 2000 bayi baru lahir telah tumbuh giginya sejak dilahirkan?

3. Berapa Banyak Gigi Yang Anda Punya?
Anak-anak usia 5-6 tahun biasanya memiliki 20 gigi susu, sedangkan orang dewasa memiliki 32 gigi permanen (termasuk gigi bungsu). Kucing memiliki 30 gigi dan Anjing memiliki 42 gigi!

4. Gigi Seperti Sidik Jari
Setiap orang memiliki sidik jari yang unik, artinya tidak ada 2 orang memiliki sidik jari yang sama. Begitu pula halnya dengan gigi! Pasangan kembar sekalipun memiliki pola gigi yang berbeda,

5. Dua Kolam Renang Liur
Kita memproduksi banyak air liur yang berfungsi untuk membersihkan gigi kita dari gula dan bakteri. Kita memproduksi sekitar 1-2 liter air liur sehari, dan total sekitar 25 liter seumur hidup. Itu artinya cukup untuk mengisi dua kolam renang.


6. Gigi Palsu George Washington
Kejutan besar bagi warga Amerika, gigi palsu George Washington tidak dibuat dari kayu. Tetapi dibuat dari kombinasi gading gajah dan kuda nil.

7. Bicara Tentang Gajah
Gajah memiliki gigi yang sangat besar dan berat. Satu gigi gajah mencapai berat 3 kilogram. Sama dengan berat bola bowling yang kecil.

8. Pasta Gigi yang Kasar
Sekitar 100 tahun yang lalu, sebelum penemuan pasta gigi rasa mint yang kita gunakan sekarang, orang-orang membuat pasta gigi dari kapur atau arang, jus lemon, abu sisa pembakaran, tembakau, dan madu, yang dicampur semua bersamaan. Sangat menjijikkan bagi orang-orang masa kini.



Sumber : www.beaversdentistry.com





Kamis, 24 November 2016

8 Hal Yang Membuat Orang Takut ke Dokter Gigi


Tidak hanya di Indonesia, dokter gigi sepertinya merupakan sosok yang menakutkan di seluruh dunia. Beberapa penyebab orang malas dan  takut ke dokter giga adalah sebagai berikut :

1. Trauma masa kecil









Pengalaman buruk dengan dokter gigi di masa kecil dapat menimbulkan ketakutan seumur hidup. Ini adalah alasan paling umum dari orang-orang yang takut ke dokter gigi.


2. Takut jarum



Banyak orang yang tidak terlalu takut ke dokter gigi, tetapi mereka takut dengan jarum suntik. Mintalah dokter gigi anda untuk mengoleskan gel penghilang rasa terlebih dahulu sebelum menyuntik, sehingga anda tidak akan merasakan tusukan jarum saat anestesi masuk.

3. Takut Sakit
Pikiran akan kemungkinan sakit yang dirasakan saat perawatan gigi biasanya lebih buruk dari sakit itu sendiri. Beberapa orang semakin gelisah jika menunggu waktunya dipanggil.

4. Di Luar Kendali
Ketika anda sudah masuk ruang perawatan gigi, maka percayalah sepenuhnya pada sang dokter gigi. Anda ada di posisi dimana anda tidak bisa melihat apa yang dokter gigi lakukan terhadap gigi anda dan anda juga tidak punya kendali atas apa yang sedang dilakukan. Percayalah bahwa anda sudah ditangani oleh tenaga profesional.

5. Takut Bor

Suara bor gigi melengking dan membuat beberapa orang ngilu. Ada yang bilang seperti suara kapur tulis saat menorehkan tulisan di papan tulis. Nada tinggi suara bor menyatu dengan suara suction akan sangat mengganggu untuk banyak orang. Tapi klinik-klinik sekarang sudah banyak yang dilengkapi dengan musik dan siaran tv atau video, yang akan meningkatkan kenyamanan pasien.

6. Bau Klinik Gigi
Semua bahan yang dipergunakan di klinik gigi memiliki bau yang berbeda-beda yang sebagian membuat orang gelisah bahkan sebelum mereka duduk di dental unit.

7. Malu
Banyak orang menghindari ke dokter gigi karena mereka malu dengan kondisi mulut mereka yang memiliki banyak lubang. Yakinlah bahwa dokter anda telah melihat ratusan bahkan ribuan kasus yang lebih parah dari anda. Menghindari dokter gigi dengan alasan ini hanya akan memperparah kondisi gigi anda.

8. Tersedak
Perawatan gigi melibatkan banyak air yang masuk ke mulut yang bisa menetes ke belakang tenggorokan, hal ini membuat kita merasa seperti tersedak. Orang dengan refleks muntah yang tinggi akan menghindar ke dokter gigi karena mereka akan merasakan rasa tidak nyaman tersebut.






(gigi sehat)

Minggu, 23 Oktober 2016

Veneer porselen

Hari ini untuk pertama kalinya kedatangan pasien veneer seorang pria.

Ahhh senangnya, memang veneer sudah bukan dominasi wanita, karena pria pun perlu penampilan prima untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam hal pekerjaan.

Dengan veneer hampir smua gigi yg terlihat dari depan, pemilihan warna paling putih bisa membuat veneer terlihat semakin kinclong.

Kamis, 07 Januari 2016

Jakarta City Tour



Taukah kamu bahwa di Jakarta sekarang ada sebuah bis yg bisa dipergunakan untuk mengetahui seluk beluk jakarta?

Kalo belum tau, cobain deh, seruuuuu!!!

Sebenarnya sejak awal bis city tour ini resmi beroperasi, gw dah ingin banget naik. Tp apa daya, waktu jualah yg membuat cita2 belum terlaksana. 

Saat membaca review orang2 yg sudah pernah merasakan naik bis ini di hari sabtu dan minggu, mereka bilang sangat sangat antri dan akhirnya dapat duduk di bawah. Padahal selain mereka ingin keliling jakarta, mereka pasti juga ingin merasakan sensasi naik bis tingkat. Secara bis tingkat ini terakhir ada jaman gw SD kayanya deh, angkutan umum gitu semacam patas or PPD tapi bertingkat. Setelah itu hilang di gerus jaman. 

Nah karena Cheryl uda mulai sekolah, ga mgkn kan gw ajak dia di hari sekolah. Dia pulang uda sore, kalo kekeuh naik itu, bisa dibayangkan akan terjebak kemacetan lalu lintas bersama orang kantoran yang pulang kerja. Jadi gw menunggu kalo kira-kira orang dah mulai berkurang minatnya sehingga antrian berkurang hehehhe. 

Tapi kian hari kok ya rasanya tetep aja dpt cerita dr tmn2 kalau bis itu masih antri di hari minggu. Jadi belum sempet2 deh kami nyoba bis ini.

Nah... Suatu hari, gw uda lupa wkt itu ada acara apa disana, mereka pulang jam 1. Langsung deh gw berencana buat ngajak dia naik itu. Gw blg jg ke mama n papa tmn2 dia yg suka nganter kali aja ada yg mau gabung. Kan lumayan seseruan bareng temen2, drpd sama bunda doank sepi hahaha.

3 anak setuju tuk naik bis bareng. Di hari H malah ada anak yg mau ikut jg tp krn yg jemput pembantunya, ga beranilah dia ngajak krn blm ijin majikannya.

Teman Cheryl yg satu pernah mau naik ini tp sudah nunggu sejam ga kunjung dtg. Jd batal deh. Yahhh gw bismillah aja deh, berdoa smoga ga nunggu lama n lancar. Ahmdlillah bgitu kita keluar sekolah, bis itu uda ada. Horeeeee, buru2 lah kita lari menuju bis. Langsuuuung naik ke atas. 

Sampai di atas, penumpang sudah cukup banyak tp masih tersisa kursi2 kosong. Segera kami tempati kursi tersebut. Ga lama, banyak penumpang yg turun, senang bgt akhirnya kami bisa maju ke kursi paling depan. Lapang pandang sangat luas dari sini. Kita bisa menelanjangi gedung2 bertingkat di jakarta ini dr tempat yg cukup tinggi. Anak2 sangat suka naik bis ini. Apalagi begitu ada pohon yg dahannya menjuntai ke bawah, rasanya wajah kami sudah mau nabrak dahan itu saking dekatnya hihi.

Ada satu kekurangan yg cukup menyedihkan. Tidak ada tour guide di bis ini. Padahal sejatinya bis ini diperuntukkan bagi warga jakarta maupun luar jakarta yg ingin mengenal kota ini lebih jauh. Gw baca di twiternya, pada awal pembukaan sampai beberapa bulan tuh ada lho tour guide yg menceritakan gedung apa saja yg ada di kanan kiri kita.

Menurut analisa gw sih mgkn dianggap useless, karena yg menggunakan bis ini ternyata bukan hanya turis lokal atau mancanegara, melainkan anak sekolah atau orang2 yg memang mau ke suatu tempat yg dilewati bis itu. Mereka mengincar gratisnya, hahaha itulah yaaaa susahnya disini...

Smoga pak ahok atau pemda mendengar keluhan kami sehingga mau kembali mengadakan tour guide di dlm bis.

Rute bis ini dari juanda ke arah veteran, lalu belok melewati sekneg, istana negara,monas,  thamrin, bunderan HI, pasar baru, kantor pos, lapangan banteng, kembali lagi ke juanda. Hampir semua destinasi penting di tengah kota terlewati. Krn memang bangunan2 bersejarah dan penting numpuk di area ini.

Sesampainyabkembali di halte asal, kami berfoto dulu di dsamping badan bis. Seru bangeeetttt, kapan kapan mau lagi ahhhh kesana...

Sayur Kulit Semangka



Hmmm... Looks delicious, right?
Tau ga, apa bahan baku pembuat menu di atas? Kulit semangka!

Yup benar, kulit semangka. Ga nyangka banget kaaaan. Jadi wkt lagi ngaji, nyokap gw di ajarin lah ama temennya, bahwa kulit semangka bisa di sayur. Menurut dia rasanya mirip labu siam.

Nah beberapa hari kemudian, ketika gw beli semangka. Dia ingat dengan tips yg diberikan temannya tersebut. Langsunglah dia berkreasi, semua daging buah semangka di potong2 untuk di makan. Tinggallah sisa kulitnya.

Kulit semangka terdiri dari 2 bagian, yg berwarna putih masih relatif lunak, dan yg berwarna hijau sangat keras. Bagian yg putih itu di "seset", hmmm apa ya bahasa indonesia yg baku nya? Yaaa kira2 ngerti kan di seset hehehe, intinya di ambil lah yg putihnya saja, yg hijau dibuang. Bagian putih itu di potong panjang seperti akan membuat sayur labu siam.

Proses memasaknya sama persis dengan memasak tumis labu siam. Hmmm jangan tanya gw soal gmn resepnya ya. Brosing aja hahahha

Gw cuma mau cerita soal rasa. Memang benar mirip dengan labu siam. Tapi menurut gw malah lbh enak krn lbh keras dikit, kao labu kadang jadi tlalu benyek. Kulit semangka ini lbh asik di gigit krn masih kres kres. Rasa juga lebih gurih.

Well, bolehlah di coba untuk alternatif menu. Selain itu ga mubazir juga kulitnya masih bisa kita olah. 

Selamat mencobaaa