Baking yuk : martabak oatmeal

Sejak beberapa hari lalu uda tertarik banget sama resep ini. Krn bahannya smua tersedia dirumah dan kayanya gampang buatnya.


Martabak Manis Oatmeal
Tabloid Koki edisi 216

Bahan (foto 1) :
225 gr tepung terigu
75 gr oatmeal
1 sdt baking powder
1 sdm ragi instan
2 butir telur ayam
30 gr gula pasir
1/4 sdt vanili
1/4 sdt garam
300 ml susu cair
50 margarin, lelehkan

Cara membuat:

1. campur terigu, oatmeal, baking powder, dan ragi instan hingga rata. sisihkan (foto 2)

2. kocok telur, gula, vanili, dan garam hingga mengembang (foto 3)

3. tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan susu sambil diaduk hingga rata, tuang margarin sambil diaduk hingga rata
diamkan adonan selama 30 menit (foto 3)

4. panaskan cetakan dengan api kecil, tuang adonan hingga setengah tinggi cetakan

5. Kalau sudah timbul gelembung walaupun belum rata, ambil segenggam gula pasir lalu taburkan rata diatas permukaan adonan.

6. Tutup sebentar adonan supaya atasnya matang.

7. Setelang matang, segera pindahkan martabak ke atas talenan atau alas lainnya, beri 2 sdm mentega, ratakan, taburkan topping kesukaan misalnya keju, coklat mesis, atau apa saja sesuai selera, terakhir siram martabak dengan susu kental manis sampai rata.

8. Belah martabak jadi 2, jangan sama besar, yang satu bagian harus lebih besar sedikit supaya klo di tangkupkan bisa tertutup. Olesi lagi permukaannya dengan mentega. 
potong2 dan sajikan

hasil: 2 buah martabak yang tebel2

Gw ga punya cetakan martabak yg spt di tukang martabak manis itu. Jd gw pake teflon biasa aja. Teflon ga usah dipakein mentega atau minyak. Langsung aja tuang adonan.

Karena gw punya teflon yg ukurannya keciiiiil banget, maka gw coba pake itu dulu. Supaya kalo gagal msh sisa banyak adonan.

Ternyata benar saudara2, gagal total alias gosong segosong2nya. Sepertinya karena api msh agak besar. Harusnya keciiiiil bgt.

2x gosong. Maka gw coba pake api super kecil, gantung gt deh apinya. Nah alhamdulillah berhasil. Hasilnya enak, lembut manis. Tapi msh kaya stengah mateng gitu. Akhirnya gorengnya dilamain tp ga gosong kok, krn apinya kecil.

Oiya, gw ga disiram sama gula pasir, krn kayanya gelembung2nya kok ga munccul. Lagipula pas gw cicipin uda manis banget, jd ga gw kasi taburan gula & susu kental manis lagi.

Komentar

Postingan Populer