Masak yuuk : macaroni schotel

Minggu, 13 November 2011

Ide awalnya sih sbenernya cuma mau ngetes oven yg baru beli. Krn yg paling gampang uda sering gw bikin adalah macaroni shotel, ya akhirnya pengetesann ini pun memakai metode perbandingan. Alias membandingkan rasa dr macaroni shotel yg biasa kami buat dengan memanggang di atas teflonn bertutup kaca dengan memanggang di dlm oven.

Tapi sayangnya gw lupa wkt itu nulis resep shcotelnya dimana, jd gw browsing lg. Dr hasil browsing berbagai resep macaroni schotel, gw memilih satu yg bahan2nya paling praktis dan tersedia di rumah.

Ini dia resepnya, maaf banget lupa copas sumbernya.

Bahan :
150 gr macaroni
200 gr kornet
1 buah bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm tepung terigu
400 ml susu cair
3 butir telur, kocok lepas
100 gr keju, diparut
1 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
Butter secukupnyaa untuk menumis
Keju parut untuk taburan di atas nya


Cara membuat :
1. Rebus makaroni dlm air mendidih sampai lunak. Kasi sedikit garam + mentega supaya tidak lengket di dasar panci. Lalu tiriskan. Beri sedikit mentega lagi supaya antar makaroni ga lengket

2. Panaskan butter dlm wajan, tumis bawang putih dan bombay sampai layu. Masukkan terigu, aduk rata.

3. Masukkan susu, aduk rata. Jgn sampai terigu menggumpal

4. Masukkan makaroni, kornet, keju parut. Aduk sampai rata

5. Masukkan pala bubuk, merica bubuk dan garam secukupnya. Cicipi rasanya, jika sudah pas, angkat.

6. Masukkan telur, aduk rata

7. Masukkan ke dalam pinggan tahan panas yg telah diolesi butter dan tepung panir

8. Taburi keju parut

9. Panggang dgn suhu 190 derajat selama 30 menit

10. Keluarkann, biarkan di suhu ruangan

Evaluasi hasil :
Jika di lihat dr penampakan luar / atas, sepertinya sempurna. Terbentuk lapisan atas yg mengeras lengkap dgn toping keju yg tidak tenggelam.

Tapi begitu gw potong ternyata dalamnya sangat encer. Sangat sangat sangat. Bahkan bisa di bilang ni adalah bubur makaroni.

Akhirnya gw masukin oven lg 20 menit dgn api bawah. Eh masih jg encer. Masukin lg ke ovven 20 menit dgn api atas bawah. Masih jugaa huaaaaa akhirnya gw menyerah dgn memakannya dlm bentuk spt itu.

Kalo di nilaia dr rasa, sama skali ga cacat. Enak banget malah. Krn kejunya melimpah & susunya banyak. Cuma ya rasanya kok aneh aja makan schotel tp ga bs di pegang tangan dan harus di sendokin krn encer gitu.

Hasil analisa nyokap katanya terlalu banyak cairan, dlm hal ini adalah susu. Lalu gw tanya ke tmn2 yg sering bikin, dan benar aja, di resep gw susu nya 400ml atau 2kotak susu ultra putih. Seharusnya hanya 1kotak. Oke, krn dah tau dimana letak kesalahan, maka next time kita coba lg dgn mengurangi jumlah susunya.

Komentar

Postingan Populer