Jogja trip #6 : gua pindul

Minggu, 2 Des 2012

Hari ini jadwal kereta kami jam 19.30. Duileeeee malem nian, ngapain seharian di jogja cobaaaa, nyusurin malioboro dah puas. Nyapu kraton, lo aja kaleeee

Kmrn gw iseng nanya ke mas Yuni, kalo ke parang tritis cukup ga waktunya, tnyata cukup. Mas Yuni malah ngasi saran ke tempat wisata baru yg saat ini lg ngetop2nya yaitu gua pindul. Widiiiiwww mau banget lah, wisata baru gitu loh, kalo parang tritis kan dah so last year ya boooo!

Yg ikut kesana cuma gw, Aka dan Lia. Sofi memilih main ke rumah saudaranya. Rina, Titis, Listi uda pulang naik pesawat pagi.

Kami ber3 sarapan dulu di soto pak Gareng deket tugu. Subhanallah, ini sate terenak yg pernah gw makan selama 30taun hidup. Ga lebay, serius, stidaknya untuk ukuran lidah gw yaaaa.

Enaknya bukan dr isi2nya,tp dr kuahnya. Emang gw lbh suka soto bening drpd santan, tp yaaa dr skian seringnya gw makan soto bening, kok yg ini bener2 nendang nonjok dan ngegaplok rasanya.

Lidah gw tuh mau nambah 1 mangkok lagi, tp perut dah ga muat. Jadi yaaa ga pesen lg deh drpd perut kepenuhan ntar ga enjoy main2 ke gua nya.

Perjalanan ke wilayah Gunung Kidul memakan waktu 1,5jam. Aka dan Lia sukses tidur di belakang, gw yg di depan sama skali ga berani tidur krn jalanan berkelok2 jd mending gw ajak ngobrol si mas Yuni kuatir dia ngantuk.

Jam 9.30 kami sampai di sana. Dijelaskan ada 4 permainan :
1. Gua pindul : menyusuri gua menggunakan ban (30ribu)
2. Sungai Oye : menyusuri sungai dengan arus deras (45ribu)
3. Caving gua glatik : menyusuri gua kering dengan badan sendiri alias merayap2 gitu (30ribu)
4. Off road

Kami memilih permainan 1&2 krn keterbatasan waktunya. Gila ye bo, murah amat arung jeram cuma 45ribuuuu, dimana lagi kalo bukan di jogja.

Pertama kami memakai pelampung dan membawa ban satu org satu ban menuju lokasi masuk gua. Sampai di mulut gua, kami duduk di ban masing2. Tangan kami saling berpegangan ke tali ban sebelah2nya. Untung cuma ber3 jd barisan kami ga banyak. Di belakang kami ada 15org yg berderetan wiiii panjang banget hahaha.

Seru banget menyusuri gua yg begitu gelap, menyaksikan indahnya ciptaan Allah berupa stalagtit besar dan kecil. Ada juga batu kristal di tengah2 batuan. Kedalaman airnya mencapai 12meter ke dalam. Subhanallah, tetesan airnya untuk 1 tetes itu butuh 1jam. Jadi bs dibayangkan itu stalagtit yg besar2 berapa juta tahun terbentuknya. Takbirrr!

Ada 3 area dlm gua. Area terang , remang dan gelap. Di area gelap kita bs berkontemplasi disana. Tp krn saat itu ramai jd kami hanya bs lewat saja tanpa berlama2 disana.

Sekitar1jam kami sampai di akhir mulut gua. Kami pun melanjutkan perjalanan dengan mobil pick up menuju area sungai Oye tuk rafting.

Weksss tnyata raftingnya pake ban satu orang gitu jg. Ga pake perahu karet kaya di citarik. Hmmmm menantang bgt ya bo! Bahkan saat gw antri, ada yg terbalik tuh ban nya, gw liat sendiri tangan dia menggapai2 di tengah derasnya arus. MasyaAllah....

Tp bismillah aja, let's try...

Yiiiihaaaaaaaaa
Ternyata seru banget menyusuri arus deras dengan ban sendirian. Waaahhh asiiik. Setelah ketemu yg arusnya tenang, kami kembali di pegang pemandu dan dicritakan ttg sungai ini. Bertemu air terjun, kami pun di bawa berguyur disana, walah asik bgt serasa keramas dengan air yg sangat deras.

Sekitar 1,5jam kami sudah sampai di akhir sungai. Dan kami pun mandi di kamar mandi yg sudah disediakan. Tidak lupa memberi tip kepada pemandu yg sangat tulus memberi penjelasan.

Wisata Gunung Kidul hari ini bener2 memuaskan. Hanya dengan 75rb uda dpt sensasi kedekatan dengan alam yg subhanallah indah....