Masak yuk : macaroni schotel (lagi hehehe)

Ini dah yg ketiga kalinya gw membuat macaroni schotel, tp tetep ya booo beda beda smua.

Kali ini gw mau mencoba bikin di cup aluminium foil, kali aja bs gw titip di warung ibu buat jualan, hahaha ga siiih. Cuma pengen tau aja dgn resep yg biasa gw pake bisa jadi brp cup. Jd kalo kapan2 gw mau bikin tuk arisan atau tmn2 kantor bs kebayang kudu bikin brp kali resep.

Ini resepnya ya

Bahan :
150 gr macaroni
200 gr kornet
2 batang sosis, potong dadu
1 buah bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
4 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
3 butir telur, kocok lepas
100 gr keju, diparut --> pake quick melt
1 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
Butter secukupnyaa untuk menumis
Keju parut untuk taburan di atas nya --> pakee cheddar


Cara membuat :
1. Rebus makaroni dlm air mendidih sampai lunak. Kasi sedikit garam + mentega supaya tidak lengket di dasar panci. Lalu tiriskan. Beri sedikit mentega lagi supaya antar makaroni ga lengket

2. Panaskan butter dlm wajan, tumis bawang putih dan bombay sampai layu. Masukkan terigu, aduk rata.

3. Masukkan susu, aduk rata. Jgn sampai terigu menggumpal

4. Masukkan makaroni, kornet, sosis, keju parut. Aduk sampai rata

5. Masukkan pala bubuk, merica bubuk dan garam secukupnya. Cicipi rasanya, jika sudah pas, angkat.

6. Masukkan telur, aduk rata

7. Masukkan ke dalam pinggan cup aluminium foil

8. Taburi keju parut

9. Panaskan oven 5menit lalu masukkan macaroni dgn suhu 190 derajat selama 40 menit

10. Keluarkan, biarkan di suhu ruangan


Taraaaa... Dah jadi sperti di foto.
Kekurangannya adalah... Keenceran! Hiks hiks, uda gw panggang 2x lho, stlh 40 menit pertama msh encer gw oven lg 20 menit tnyata ttp encer. Encernya sih ga sampe kaya pertama kali bikin, krn susunya dah berkurang banyak, dan tepung dah 2x lipat. Cuma ya tetep aja demek2 gitu lho. Ga padet.

Evaluasi gw antara lain sebab2nya berikut :
- isian kurang, mungkin sosis atau kornet kudu di tambah
- telur terlalu besar shingga otomatis cairan banyak
- susu terlalu banyak, mungkin harusnya 200ml aja ya, jgn 250ml

Dengan evaluasi2 tersebut, let's chek the next schotel, apakah akan tetep encer atau memadat.

Komentar

Postingan Populer