Baking yuk : cupcakes birthday mbah uti

Hari ini mbah uti ultah, pengen ngasi cupcakes gitu deeh. Niat bikin dr kemaren tp krn abis bikin nastar jg kmrn jd di simpen dulu deh tenaganya. Ga lucu kan ada pasien mau cabut gigi trus gw dah lemes krn kelamaan di dapur hahaha.

Nahhh krn smua bahan dah tersedia, maka jam 10 dimulailah proyek cupcakes pertama.

Resep cake nya pake punya NCC, berikut contekannya

Original recipe by Fatmah Bahalwan, NCC

120 gr mentega
200 gr gula pasir
200 gr tepung terigu
2 butir telur
1/2 sdt vanili
1 sdt baking powder
150 ml susu segar

Petunjuk
1. Kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat, masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
2. Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
3. Tuang ke dalam cetakan muffin/cup cakes yang sudah dialasi kertas roti kira-kira 2/3 penuh.
4. Oven hingga matang
5. Angkat, dinginkan kemudian hias sesuai selera dan sajikan


Jujur ya, gw paling bete kalo ada resep yg ga mencantumkan detil pemanggangan. Berapa suhunya, api atas atau bawah, berapa menit.

Mungkin buat yg jago masak ga perlu info sedetil itu. Tp buat gw yg amat sangat miskin pengalaman bikin kue, waduh stres bgt mikirin ginian doank. Huffff

Ooiya, gw ga punya mixer saudara2... Untungnya 4x dalam seminggu gw rutin fitnes, jd otot2 tangan yg mulai menonjol ini berguna tuk ngocok adonan. Bayangin ajeee adonan mentega+gula+telur harus sampe mengembang. Dan gw cuma pake whisk, can u imagine brp menit lamanya gw ngocok.

Lagi asik2nya gw ngocok tu telor ampe mau mengembang, datanglah 2 orang pasien gw kakak adik. Takut keburu ngempes lg tu adonan, langsung aja gw delegasikan tugas selanjutnya ke nyokap gw. Krn toh tinggal masukin aja ke cup nya.

Gw beli cup nya yg ukuran kecil supaya jadinya banyak. Begitu gw selesai pasien, tu cupcakes dah masuk oven dengan jumlah 11 cup.

Inisiatif nyokap gw menyetel oven dengan suhu 160 derajat, api bawah, 20 menit.

Begitu kriing bunyi oven selesai, cek ricek tnyata msh agak lembek n ga ngembang, yasud gw tambahin lg 20menit. Stlh itu bener2 ngembang cantik. Mumbul2 gitu lucu deh

Naahh perang baru dimulai nih. Alias menghias cupcakes. Ternyata tak semudah yg dibayangkan. Bener2 stres melanda waktu gw baru aja menguleni fondant. Maigot mendingan nyabut gigi 5pasien berturut2 rasanya.

Alhasil gw+ana+Cheryl hanya menghasilkan 5 cupcakes yg dihias. Itu pun hanya dengan huruf2 yg bertuliskan "BOTI" alias mbah uti. Panggilan kesayangan Cheryl.

Huruf T nya Cheryl yg buat lho...
Liat aja dah kaya goosebump gitu hahaha

Begitu dikasi ke mbah uti, ahh senangnya dia suka.

Komentar

Postingan Populer