Aceh trip : kopi ulee kareng

Ketika menjejakkan kaki ke Aceh, maka kopi adalah salah satu yang harus wajib kudu di coba. Ga ke Aceh aje siiih, smua daerah jg pasti gw buru kopinya. Cuma Aceh ni terkenal bgt kopinya, jd bener2 harus nyoba deh.

Nahhh smua temen di Medan blg harus coba kopi Ulee kareng. Gw masih ga ngeh, apa sih Ulee Kareng. Owwww tnyata itu nama daerah toh. Dan yg legendaris dari smua kedai kopi adalah Kopi Solong. Maka meluncurlah kami kesana di detik2 terakhir menuju perjalanan pulang via darat ke arah Medan.

Cara penyajiannya khas Aceh, yaitu disaring dgn kain mirip kaus kaki, lalu kopi dituang berpindah-pindah dari satu ceret ke ceret yang lain, kita bisa liat proses ini di bagian dalam kedai.

Pas kesana, teman2 blg yg khas adalah kopi sanger alias kopi susu dingin. Diihh gw plg males minum es kopi, tp krn mereka blg itu yg khas, ya gw ikutan pesen itu.

Buat gw es kopi itu es cemen, yg panas aja ga nampol apalagi yg dingin. Begitu dtg tu sanger, biasa ajah, ya itu krn dingin jd gw ga bs ngerasain sensasi nikmatnya.

Sebelum pulang, gw beli bubuk kopinya. Kemasannya sederhana bangeeeettt. Kopi Solong - Ulee Kareng ini dijual dalam 3 kemasan, yaitu kemasan 1/4 kg (Rp. 17.000,-), 1/2 kg (Rp. 33.000) dan 1 kg (Rp. 65.000).

Dari ulee kareng ini, kamu lgs memulai perjalanan menuju Medan selama 10jam. Start jam 7 malam. Awalnya di mobil ngobrol2 ketawa ketiwi, lama2 smua bertumbangan. Eh kok mata gw melek aja sih? Ni uda tengah malem, ga ada tmn ngobrol jg, knapa gw ga bisa tiduuurrrr. Dan sampe Medan jam 9 pagi, gw bener2 ga tidur sepanjang jalan, aaaarrrrggghhhh ternyata ini toh efek si Ulee Kareng. Gilak es kopi nya aja segini ngejedor apalagi yang anget.

Sampe jakarta, penasaran buru2 gw seduh tu kopi. Bah! Bener aje gw melek semaleman. Woowww baru kali ini bisa minum kopi yg bikin mata on. Biasanya abis ngopi ya tidur2 aja.

Gw beli banyak tu kopi, gw kasi ke sesama kopi lover. Salah satu nya titis, tp saat gw kasi dia lg ada masalah lambung, jadi ga lgs nyoba. Beberapa minggu kemudian, dia lapor di grup BBM kalo dia abis nyeduh tu kopi dan ga bs tidur ampe pagi wkwkwkwkw. Mang enaaaakkkk, bukan gw doank korbannya kan. Knapa ga kenal ni kopi dr jaman ujian2 kuliah yaaaa

Yak, siapa yg mo ke Aceh, titiiiippp kopi Solong-Ulee Kareng doooonk



Powered by Telkomsel BlackBerry®

Komentar

Postingan Populer