Menangani Demam Berdarah di Rumah

Selasa, 19 maret 2013

Sebulan yang lalu tepatnya 17 februari, saat arisan gw di telpon ibu ngabarin Cheryl badannya panas, termometer menunjukkan 38,1 derajat. Benar aja bgitu sampe rumah gw liat dia uda tidur dalam keadaan badan masih anget.

Seperti biasa, kesibukan saat anak panas adalah kompres sana sini. Semua bagian lipatan gw kompres dengan air hangat. Tidur pun sebentar-sebentar gw bangun ngecek termometer. Biasanya gw baru ngasi paracetamol saat uda diatas 38 derajat. Dibawah itu masih kompres2 aja dan dibalurin bawang merah+minyak telon.

Tapi tengah malam itu aneh, uda dikasi paracetamol kok ga turun sama sekaliiiii. Bahkan menjelang subuh mencapai 39 derajat. Langsung aja gw masukin supositoria , itu lho obat panas yang dimasukin lewat lubang pantat, cara kerja obat ini lebih cepat.

Ga ada batuk pilek. Panas ga turun sama sekali dengan paracetamol. Dan ada keluhan nyeri2 perut. Hmmm... Sounds like demam berdarah yaaa, tapi ga lah, mesti cek lab biar yakin.

Hari selasa gw ke dokter Isabella, spesialis anak langganan Cheryl di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Ternyata sama kan kecurigaannya huhuhuhu. Kami memutuskan cek lab hari itu. Setau gw sekarang ada cek darah yang langsung ketauan demam berdarah atau ga. Bukan sekedar cek darah rutin yang hanya ketauan jumlah trombosit turun.

Dan ternyata benar, menurut dokter Isabella memang uda ada cek darah NS1 yang khusus tuk demam berdarah. Sangat spesifik, jadi 1hari terinfeksi saja langsung ketauan. Kalo hanya cek trombosit kan , jika trombosit turun belum tentu menandakan demam berdarah. Jadi gw memutuskan cek NS1 dan darah rutin.

Oiya sekedar info, NS1 ini cukup mahal biayanya. Kemarin di lab RS Mitra Kelapa Gading untuk pemeriksaan NS1 + darah rutin seharga 800rb. Padahal kalo darah rutin aja cuma 80rb ^_^

Begitu hasil lab keluar, benar aja dugaan gw. NS1 positif. Dokter Isabella menawarkan mau dirawat atau ga. Menurut dia melihat Cheryl masih lari-larian dan seger ga perlu di rawat. Tapi kok gw malah ga pede sendiri, gw blg rawat aja deh. Eh tnyata RS Mitra Keluarga Kelapa Gading hari itu full. Gw pun dikasi surat pengantar ke RS Islam. Sampe disana full juga. Huhuhu emang dasar harus dirawat di rumah.

Mulailah gw beli obat2annya. Karena hasil lab menunjukkan Cheryl ada dobel infeksi, sel darah putihnya turun, maka perlu antibiotik. Kalo yang murni demam berdarah aja ga perlu antibiotik.

Lalu obat turun panas buat jaga2 kalo naik lagi di atas 38. Beli obat china jg rekomendasi Listi , fufang ejiao jiang. Lucu deh kemasannya botol kecil2 gitu.

Untungnya Cheryl pecinta segala makanan. Jadi obat kek, vitamin kek, apapun dia lahap. Propolis aja yg gw bergidik dia doyan banget tuh. Dan fufang itu pun dia jg doyan banget.

Alhamdulillah, hari rabu uda ga panas. Tapi dokter Isabella selalu mengingatkan tuk cek lab tiap hari. Haduuuhhh kasian gw liatnya kalo tiap hari ditusuk2. Jd gw ke lab hanya 2x sehari.

Jumlah Trombosit :
Selasa 19 maret : 190 rb
Kamis 21 maret : 170 rb
Sabtu 23 maret : 112 rb

Eitssss jangan panik kalo liat hasil lab trombositnya menurun. Karena ciri khas demam berdarah itu trombosit emang turun terus, nanti dihari ke 7 baru dia naik terus terus terus.

Dan benar, hari senin 25 maret trombositnya langsung 200rb.

Yang bikin gw ga panik menangani demam berdarah di rumah adalah, Cheryl sama sekali ga menampakkan tanda2 org sakit. Dia ceria aja main sepeda kesana kemari. Makan lahap seperti biasa. Makanya banyak orang kaget pas gw nemenin dia naik sepeda pagi2, kok Cheryl ga sekolah, gw blg sakit demam berdarah, pada ga percaya qiqiqiqi

Sbenernya demam berdarah itu self limiting disease, artinya penyakit yang bisa sembuh sendiri. Semua obat yang dimasukkan ke tubuh hanya bersifat mengatasi gejala. Panas ya kasi obat panas. Nyeri2 perut ya kasi obat penghilang sakit.

Sampai sekarang ga ada penelitian tentang angkak, jambu biji, dan lain2 itu bisa meningkatkan trombosit. Cheryl bisa naik trombositnya di hari ke 7 ya emang uda teori nya trombosit akan naik perlahan dihari ke7. Jadi blm pasti naiknya trombosit disebabkan jus jambu nya atau obat cina nya.

Yang pasti pelajaran yg gw dapet adalah,,, demam berdarah bisa kita rawat di rumah. Kuncinya :
- anak masih mau makan
- trombositnya tidak kurang dari 100rb
- orangtua ga panikan
- telaten mengukur suhu dan melihat tanda2 vital
- cek lab tiap hari (gw 2hari sekali), cukup cek darah rutin, hanya 60rb kok
- sms-an terus ke dokter anaknya brp jumlah trombosit, biar dia jg bs pantau jarak jauh

Komentar

  1. Terimakasih ya bu atas sharingnya. 🙏

    BalasHapus
  2. Selama bertahun-tahun, saya telah membaca dan melihat iklan di media massa tentang semua pil penambah penis dan berpikir bahwa itu semua adalah penipuan atau tipuan. Semua situs medis yang saya kunjungi menyatakan bahwa tidak ada suplemen herbal yang akan membantu meningkatkan ukuran penis. Saya menjadi sangat depresi ketika membaca ini, karena sayangnya saya tidak secara alami diberkati dengan penis yang cukup besar untuk membangkitkan pasangan seksual saya atau pasangan masa lalu. Saya seorang pria yang melewati masa seksual saya dan kinerja seksual saya banyak yang diinginkan. Saya memutuskan untuk mencoba obat herbal Doctoc Akhigbe setelah semua pembacaan dan penelitian yang telah saya lakukan. Saya melihat kesaksian "Joe" tentang doktror Obat Herbal Akhigbe Karena ada Jaminan Uang Kembali, saya memberinya percobaan apa yang harus saya hilangkan ? Saya tidak percaya hasil yang saya lihat setelah meminum Obat Herbal Alami dan Sabun Herbal untuk dioleskan pada penis saya! dia mengirim kepada saya melalui jasa pengiriman kurir DHL. Dalam waktu sekitar 2 minggu saya memiliki peningkatan yang nyata dalam ketebalan penis saya. Kemudian setelah beberapa minggu tambahan, itu mulai bertambah panjang dan saya kagum dan sangat bersemangat. Sebelum saya menghabiskan minuman dan sabun, penis saya bertambah dua inci. Saya telah mengalami banyak kemajuan dalam kehidupan seks saya dan pil-pil ini tentu bernilai setiap sen yang saya habiskan untuk mereka! Saya ingin berterima kasih kepada Dr Akhigbe atas waktu dan upaya yang mereka habiskan untuk membantu orang-orang dalam situasi saya. Saya tahu banyak di luar sana yang menderita masalah ini dan mereka membutuhkan bantuan, kirimkan email kepadanya. drrealakhigbe@gmail.com. Ia juga menyembuhkan penyakit lain seperti: Menstruasi Nyeri atau Tidak Teratur. HIV / Aids. Pembesaran payudara. Penderita diabetes. Infeksi vagina. Keputihan Vagina. Gatal Dari Bagian Pribadi. Infeksi payudara. Debit dari Payudara. Nyeri & Gatal pada Payudara. Nyeri perut bagian bawah. Tidak Ada Periode atau Periode Tiba-tiba Berhenti. Masalah Seksual Wanita. Penyakit Kronis Tekanan Darah Tinggi. Rasa sakit saat berhubungan seks di dalam Pelvis. Nyeri saat buang air kecil. Penyakit Radang Panggul, (PID). Menetes Sperma dari Vagina Serta Untuk jumlah sperma rendah. Penyakit Parkinson. Lupus. Kanker. TBC Jumlah sperma nol. Asma. Ejakulasi cepat. Batu empedu, Ejakulasi Dini. Herpes. Nyeri sendi. Pukulan. Ereksi yang lemah. Erysipelas, Tiroid, Debit dari Penis. HPV. Hepatitis A dan B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Sifilis. Penyakit jantung. Pile-Hemorrhoid. Rematik, tiroid, Autisme, pembesaran Penis, Pinggang & Nyeri Punggung. Infertilitas Pria dan Infertilitas Wanita. Untuk pengobatan Anda, kirim email kepadanya sekarang: drrealakhigbe@gmail.com atau Hubungi nomornya: +2349010754824.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer