Les baca, perlukah?

Selasa, 19 Maret 2013

Taun lalu saat pertama masuk TK A, ada program2 ekstra alias les yang bisa dipilih siswa. Banyak gw lihat ibu2 mendaftar les calistung (baca tulis hitung). Hmmm... Gw kok ragu ya, merasa Cheryl masih terlalu muda tuk dijejali ilmu itu. Gw masih pengen Cheryl puas bermain aja dulu. Kalaupun diajarin membaca ya pas santai dan disela2 bermain aja.

Maka gw pun hanya mendaftarkan dia les ngaji alias TPA. Knapa gw mendaftarkan ini, krn jujur aja gw desperado ngajarin dia iqra di rumah. Entah kenapa kok susah banget nyuru dia duduk baca iqra. Akhirnya gw menyerah dan menyerahkan urusan belajar iqra' ini oleh bu guru.

Ada lagi nih beberapa temen main Cheryl di rumah yang mereka tidak sekolah TK. Tapi hanya dimasukkan ke bimbingan belajar calistung yang sekarang bertebaran dimana2.

Nah karena gw emak2 rumahan, maka gw banyak waktu di rumah. Jadilah sambil main, sambil mbacain dongeng, di sela2 itu gw ajarin dia baca 2 huruf. Kalo Alphabet uda hafal umur 2,5taun, itupun hasil sambil main2 juga.

Amazing yaaa ternyata, keliatannya dia cuek2 aja gw ajarin. Mata kemanaaa, perhatian kemanaaaa. Ternyata 1bulan terakhir ini gw uda melihat hasil positifnya. Cheryl dah bisa membaca 2huruf. Kalo 4huruf uda bisa tapi harus pake strip.

Misal :
te-ko .... Dia bisa baca
Teko .... Belom bisa

Hahaha kadang otak gw tu ga nangkep knapa siiihhh timbang beda strip doank kok ga bisa, gemessssyyyy. Tapi ya emang gitu kali yeee kalo ngajar anak kecil mah butuh extra sabar dan memahami bahwa ini sebuah proses panjang.

Terhitung sejak gw ajarin baca sekitar bulan November. Dia uda lancar 2huruf di bulan Februari. Itupun ga wajib sehari harus belajar. Seadanya aja kalo mood dia bagus dan lagi anteng.

Hal yang sama berlaku saat gw ngajarin perkenalan huruf dan menulis. Sesempetnya aja, sesempetnya gw dan sesukanya dia. Jadi kadang emang waktu2nya ajaib. Bisa pas bangun tidur langsung belajar, bisa pas azan magrib tiba2 ngajak baca, intinya kita siapa dimanapun dan kapanpun hahaha.

Jadi menurut gw untuk ibu2 yang banyak waktu di rumah, lebih baik mengajar sendiri anak2 membaca. Ketika melihat hasilnya, rasanya luar biasa. Kita bener2 merasa mengantarkan mereka dari buta huruf jadi bisa membaca. Intinya adalah mau mengorbankan waktu... Waktu nonton gosip :-p , waktu bbm-an, waktu leyeh-leyeh, waktu pacaran #eh, dan waktu-waktu lain.

Tapi kalo wanita karier yang kerja nya office hour pasti memang berat. Karena ketika pulang kerja, belum tentu mood anak saat itu tepat tuk diajak belajar. Disitulah lembaga bimbingan belajar dibutuhkan.

Komentar

Postingan Populer