Jangan anak tirikan menyikat lidah

Pernahkah anda merasa masih bau mulut meskipun sudah rajin menyikat gigi? Mungkin anda melewatkan salah satu tahapan pembersihan gigi dan mulut yaitu menyikat lidah.

Lidah memiliki tonjol-tonjol kecil yang di sebut papillae. Sisa-sisa makanan selain bisa terjebak di sela-sela gigi, juga bisa menempel di antara papillae lidah dan membentuk plak. Lapisan inilah yang membuat mulut berbau tak sedap.

Artikel terbaru General Denstistry menyebutkan bahwa menyikat lidah menggunakan tongue scraper (sikat khusus lidah) terbukti efektif mengurangi bau mulut.

Lidah yang sehat berwarna merah terang dan permukaannya tidak rata. Sedangkan lidah yang kotor terdapat lapisan berwarna putih (tongue coating).

Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan lidah :

- setelah menyikat gigi, sikatlah lidah anda menggunakan scraper. Mulailah dari lidah bagian belakang lalu tarik ke depan sampai ujung lidah. Lakukan 2-4 kali agar lebih efektif. Jangan menyikat terlalu keras karena akan melukai lidah anda

- bilas mulut anda untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel


Tongue scraper adalah sikat khusus lidah yang bisa didapatkan di apotik atau swalayan. Jika tidak ada, anda dapat menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut dengan atau tanpa pasta gigi. Jika dengan pasta gigi terasa eneg, sikat saja tanpa menggunakan pasta.


--dokdee--



Powered by Telkomsel BlackBerry®

Komentar

Postingan Populer