Nostalgia

Apakah ini?

Hmmm... Kayanya yg ga tau, masa kecilnya kurang lengkap deh hehe!

Congklak!

Yap, itu nama yg gw kenal sejak masih kecil. Mgkn ada nama2 lain di daerah yg berbeda. Sperti tmn milis blg dia di kediri dikenal dgn nama dokan.

Well, apapun itu namanya, entah knp congklak dan smua permainan anak2 slalu aja membawa aura tersendiri saat memainkannya. Mgkn krn terbawa memori masa kecil ya.

Selasa malam susi dtg ke rumah. Untungnya cheryl dah tidur krn kecapean ikut servis mobil. Jd gw bs leluasa ngobrol ama susi. Tapi lama2 ngobrol ngalor ngidul ga jelas jg ya. Ehhh br inget ada congklak teteh ketinggalan di rumah. Yasud gw tawarin eh lbh tepatnya maksa susi tuk main congklak ini dgn biji2 yg tersisa. Yaaa u know lah siapa yg biasanya ngacak2 n berakibat banyak hilang biji2 congklak ini.

Stlh di bagi rata ke tujuh lubang, eh apa sih nyebutnya? Hanya cukup 5 per lubang, pdhl seharusnya 7. Tp show must go on!

Awal permainan gw kalah akibatnya kokang satu deh. Kokang itu istilah untuk kita yg kalah secara kuantitas biji shg tidak mencukupi mengisi ke tujuh lubang itu. Yg kokang itu nanti pas kita jalan akan dilewati alias ga di isi.

Permainan kedua gw bales susi dgn kokang 3 di pihak dia. Yessss hahaha rasanya kaya abis menang lomba internasional gituuuu *lebay*

Paling seru kalo kita mati di wilayah kita dan nembak banyak. Wiiii gw berkali2 nembak banyak, sampe pd permainan ke empat susi kesel dan diakh dgn paksa permainan congklak bergengsi ini qiqiqiqi

Waktu kecil ga ngerti lah mainan ini berfungsi apa. Asal main aja uda seneng banget.

Nah skrg gw mencoba menganalisa dr segi fungsi permainan itu tuk anak2 ya :
- belajar menghitung
- belajar strategi
- belajar kompetisi yg fair
- belajar menerima kekalahan
- berusaha membalikkan keadaan untuk menang
- melatih otot2 motorik halus

Well, setidaknya itu yg bs gw tangkep dr kacamata gw yg awam ttg pendidikan anak.

Klo dimainin orang dewasa fungsi2 diatas pastinya dah ga terlalu berjalan ya, tapi sangat2 baik untuk melatih otak mengingat masa lalu, masa2 indah anak2 yg tanpa beban hidup. Ga mikirin bayar sekolah, bensin dll hehehehe


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Komentar

Postingan Populer