cake ubi

Jumat, 23 April 2010

Nahhh stlh browsing semalem, pagi ini gw bikin deh cake ubinya.

Pas mo ngukus, dimulainya kebingungan pertama, kupas dulu ga ya? Soalnya gw coba kupas dikit kok dalemnya putih, bukan ungu kaya kulitnya...

Pas tanya ke nyokap, katanya kupasnya nanti aja pas uda mateng. Okeh! Lanjut ngukus.

Sambil nunggu kukusan ubinya empuk, gw kocok tuh margarin& gula pasir pake mixer. Hehehe dasarnya gw minim pengalaman bikin kue, gw br sadar tnyata lama bgt ya nunggu gulanya lembut, masih aja ada geradakan gitu (bahasa bakunya apa sih, oh kasar ya).

Jadilah tangan gw pegel bgt megang mixer, krn bodohnya gw sok ga pake dudukan mixer, gw pikir bakal bentar getooo. Dan dasarnya bb-freak, tangan kiri megang mixer, kanan bb-an deh drpd nungguin lembut lama bgt hehe.

Krekkrekkreekkkk!!!

Kok suara mixernya berubah, dlm hati dah mikir pasti ada yg salah neh. Tapi krn gw ga merasa melakukan apa2 ama tuh mixer , ya lanjutin aja. Beberapa menit kemudian, jlep! Berhenti aja lho mixernya tanpa gw matiin. Ada apakah ini?

Gw cabut deh colokannya, trus keluarin besi pemutarnya (namanya apa sih?). Eh masa menyatu tuh kedua besi, aneh ya.. Gw telusurin gmn caranya 2 besi itu nyatu, kaya gelang yg nyatu gitu lho, duh gmn ya jelasinnya. Gini deh, klo pesulap kan suka bikin atraksi 2 gelang yg terpisah jd nyambung pdhl ga ada patahannya, nah kira2 gitu.

Ternyata oh ternyata... Ada 1 besi yg patah bo! Makanya bisa masuk ke besi yg satunya. Jadilah gw pake mixer pincang itu dgn 1 kaki.

Eitsss tunggu dulu... Perasaan pernah liat deh besi pemutar di lemari, bener jg ada 1 lg, walaupun beda model, hajar ajah! Alhmdulillah bisa lho :)

Untungnya uda tinggal ngocok telor sebentar. Stlh itu terigu n ubinya diaduk manual, lalu taro di pyrex n oven deh.

Hehehe sebenernya bukan oven, tp teflon yg ada tutup kacanya itu lho. Krn blm punya oven *malu*.

Liat dr kaca, uda ngembang, horeeee. Buka tutup teflon, coba di pencet tnyata empuk, yowis matiin apinya. Wewww gosong bawahnya, inilah masalah yg slalu kami alami krn ga pake oven. Hikssss

Stlh dikeluarin dr pyrex, trus dipotong2, cobain deh satu, hmmm... Yummy...

Lembut bgt cakenya, terasa margarinnya, wangi ubi jg terasa bgt. Rasa ubinya bikin ada kaya sepet2 dikit. Menurut gw sih pas bgt buat gw yg skrg dah ga tlalu doyan manis. Klo yg penggila manis mgkn rasanya kurang manis deh.

Teksturnya mirip cake tape tp lbh padet. Warnanya kuning cerah ada bintik2 abu2 dr si ubi yg msh agak kasar.
Oiya, gw ga ngerti, apakah krn kurang lama ngukusnya atau knp, rasanya kok pas menghaluskan ubi ga terlalu lembut ya, makanya di cakenya jd ada gerenjel2 ubi.

Secara artistik sih lucu jd kaya ada bintik2 hehe, apa emang gitu maunya si pembuat resep ya :p

Well, kita nantikan experience pembuatan kue berikutnya.



@diancheryl
ym : dianyunitadrg
FB : Dian Yunita

__dikirim sambil ngoprek gigi__

Komentar

Postingan Populer