Aceh trip : sate gurita

Sejak menginjakkan kaki di tanah rencong, bayangan makanan yang paling gw tunggu-tunggu adalah sate gurita.

Sate ini pun tidak ada di seluruh wilayah Aceh, hanya ada di kota Sabang. Jadi selama di banda dan menuju Sabang, bayang-bayang itu tak jua sirna.

Setelah seharian seru sekaligus lelah snorkling, sore kami makan mie kocok. Tapi gw kekeuh nyari sate gurita. Ternyata tukang sate yang biasa mangkal di depan kedai mie pindah. Warga setempat ngasi tau lokasi pindahnya, uda sampe masuk lewat gank sempit, eehh cuma ada gerobaknya. Haduuuhh mesti kemana lagi.

Akhirnya setelah kasak kusuk cari tau, dapatlah kami ketemu pedagang sate gurita di Kota Bawah, persis di depan mesjid. Saat kami datang cuma ada anak kecil, tnyata saat itu magrib dan ibunya sedang sholat di mesjid depan.

Selang 5menit sang ibu datang, kami pun memastikan kembali benarkah dia menjual sate gurita, alhmdlillah benar. Karena masih sama2 geli dan kuatir rasanya ga bs diterima lidah, kami hanya pesan setengah porsi.

Oiyaaaa, Si ibu bilang "mau 1 atau pancung?" Haaa.... maksutnya apa? Kami mau dipancung?

Oalah ternyata pancung itu artinya setengah kalo di sabang. Ihiiyy uda ngeri aja mikirnya. Yang ada di bayangan kok malah rencong menari-nari *tutup mata*

Ada 2 tipe bumbu yaitu bumbu padang dan bumbu kacang. Gw pesen bumbu padang. Prosesnya ga lama, wanginya dah merangsang lidah bangeettt. Disajikan dengan alas daun pisang diatas piring, satenya disiram bumbu sehingga ga terlihat jelas bentuk gurita nya, lalu ditaburi bawang goreng. Di pinggir nya ada sambel cabe ijo.

Bismillah,,,,
Agak takut-takut juga pas makan. Wah subhanallah ternyata enaaak, sama sekali ga amis, agak mirip cumi tapi lebih kenyal.

Bumbu padang nya manis banget, jadi agak eneg, tapi begitu sambelnya di aduk, hmmm mantap, pas bumbunya.

Saking enaknya, terpaksa deh pesen 1 porsi lagi hahaha. Biar badan masih bau air laut akibat blm pulang dari snorkling, tetep aja tuh ga mengurangi kenikmatan menyantap sate gurita di tepi jalan.

Komentar

Postingan Populer