Karang Gigi

Karang gigi

Pasti uda sering denger kan istilah karang gigi?
Tapi ternyata masih banyak lho yg ga ngeh sebenernya apa sih karang gigi. Coba yuuk kita kenal lebih jauh ,,,

Karang gigi atau kalkulus Menurut Kamus Kedokteran Gigi (F.J Harty dan R Ogston) adalah deposit plak yang termineralisasi kemudian mengeras , yang menempel pada gigi. Lapisan ini berwarna putih dan seiring waktu berubah kekuningan setelah berasimilasi dengan air liur.

Berdasarkan lokasinya, karang gigi ada di permukaan gigi diatas gusi (supragingiva) dan di permukaan gigi di bawah gusi (subgingiva). Karang gigi terutama timbul pada daerah-daerah gigi yang sulit dibersihkan.

Proses pembentukan karang gigi

Setelah kita menyikat gigi, pada permukaan gigi akan terbentuk lapisan bening dan tipis yang disebut pelikel. Pelikel ini belum ditumbuhi kuman (Bakteri). Apabila pelikel sudah ditumbuhi kuman (Bakteri) disebutlah dengan plak.

Plak berupa lapisan tipis bening yang menempel pada permukaan gigi, terkadang juga ditemukan pada gusi dan lidah. Lapisan itu tidak lain adalah kumpulan sisa makanan, segelintir bakteri, sejumlah protein dan air ludah. Plak selalu berada dalam mulut karena pembentukannya selalu terjadi setiap saat, dan akan hilang bila menggosok gigi atau menggunakan benang khusus.

Plak yang dibiarkan, lama kelamaan akan terkalsifikasi (berikatan dengan kalsium) dan mengeras sehingga menjadi karang gigi.

Karang gigi menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar dan menjadi tempat menempelnya plak kembali sehingga lama kelamaan karang gigi akan semakin mengendap, tebal dan menjadi sarang kuman (Bakteri). Jika dibiarkan menumpuk, karang gigi dapat mengikis tulang alveolar (tulang penyangga gigi) sehingga gigi goyang dan tanggal.

Perawatan

Untuk menghilangkan plak dan kalkulus perlu dilakukan scaling dan root planing. Terapi ini selain mencegah peradangan juga membantu periodontium (jaringan penyangga gigi) bebas dari penyakit. Prosedur scaling menghilangkan plak, kalkulus dan noda dari permukaan gigi dan akar. Sedangkan root planing untuk menghaluskan akar gigi yang ditumbuhi kalkulus, mikroorganisme dan toksin-toksinnya.

Scaling dan root planing termasuk deep cleaning yang dilakukan dengan alat ultrasonic scaler dan kuret.

Pencegahan

- menyikat gigi 2 kali sehari di pagi dan malam hari sebelum tidur
- membersihkan sisa makanan pada sela-sela gigi dengan benang gigi atau dental floss
- mengunyah makanan dengan 2 sisi
- perbanyak konsumsi sayuran
- kurangi komsumsi gula dan karbohidrat
- perbanyak minum air putih
- kontrol rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Komentar

Postingan Populer