Razia gepeng

Jumat, 17 Oktober 2014

Hari ini gw luntang lantung di Istiqlal dari jam stengah11. Menikmati hari hari sambil mengamati aktivitas di Mesjid kebanggaan Indonesia ini.

Tidak seperti hari biasa yang hanya ada penjual makanan di koperasi Mesjid Istiqlal dan tenda-tenda kuliner resmi, khusus hari Jum'at dan hari hari besar atau dimana ada keramaian jama'ah maka pedagang makanan dan pernak pernik berdatangan dr berbagai penjuru. 

Mungkin dilema antara mau menertibkan masjid agar cantik dan kasihan dengan pedagang yang mau cari nafkah halal, maka area yg di larang berjualan hanya di sayap kanan saja. Ini aku berpatokan pada pintu utama ya, yaitu pintu yang dr sebrang gereja Katedral. 

Siang ini begitu sampai Masjid gw langsung memutar pandangan mencari ketoprak, krn sejak di gym tadi bayangan ketoprak dah menari nari hahaha. Tidak sampai semenit gerobak ketoprak dah melambai lambai, di sebelah gerobak nasi goreng, soto ayam, dan sate ayam. 

Langsung aja gw pesen ketoprak. Hmmmm tp sbenernya gw agak ragu sih pas mesen krn kok ni pedagang logat daerah hmmm... Itu lho daerah yg identik jual besi bekas. Krn gw pernah pengalaman beli di monas lontong sayur yg jual mereka sungguh sangat ga enak dan mahal. Tapi yasud lah gw dah ga sanggup kalo nyari lagi ampe ujung krn panasnya masyaAllah.

Dan bener aja donk bgitu ketoprak dateng penampakannya dah ga menggugah selera. Tp krn emang laper banget masih sanggup jg gw makan walaupun ga habis. Harga sih normal 12 ribu ga di ketok kaya di monas wkt itu.

Pas di tengah makan, tiba2 terdengar suara teriak2 dan orang berlarian kesana kemari. Teriakannya "razia razia". Weits gw pikir bakal di razia nih gw makan di sini, tp si ibu penjual santai2 aja. Pas gw tanya tnyata razia gelandangan dan pengemis.

Ga sampe 5menit itu yg td berlarian uda pada bertangisan di tangan petugas kamtib, mereka pun di giring ke mobil dinas sosial. Hanya dalam itungan menit mobil itu sudah penuh para gepeng.

Hasil obrolan dengan juru parkir, tnyata mereka adalah para penjual plastik kresek yg suka nawarin kita pas kita mau ke mesjid. Tapi mereka jualnya suka maksa dan minta duit jg, malak lah istilahnya. Jd meresahkan jama'ah yg mau beribadah. 

Kira kira 15 menitan stelah operasi penjaringan gepeng itu selesai dan mobil sudah pergi, gw ke toilet. Antrian di depan gw bapak2 krn ini jumat dan toilet wanita bisa dipakai oleh pria di jam jam sholat jumat. 

Kamar mandi di sebelah tempat gw ngantri terbuka dan kluarlah 5 anak dekil2, lalu satu anak wanita gedor pintu kamar mandi yg gw antriin, dia teriak "buu ibuuu dah selesai bu". Maka terbukalah pintu kamar mandi depan gw.

Dan gw ama bapak2 depan gw bengong..!!

Krn isinya adalah ibu2 gendong bayi dan anak kecil 2 lagi pada tiduran di atas closet. Si bapaka ampe bilang "hahh kok tiduran di atas wc?"

Tnyata mereka bukanlah jamaah yg mau buang air melainkan para gepeng yg sedang ngumpet dari razia. Hari ini mereka aman. Entahlah esok, lusa, dan hari hari berikutnya...

Jakarta memang kejam. Bermodal mental yg kuat saja tidaklah cukup....


Komentar

Postingan Populer