Serunya perpanjang paspor sendiri

Keterangan foto atas :
1. Gedung kantor imigrasi kemayoran
2. Map kuning
3. Antrian loket 1,2,3
4. Nomer antrian pennyerahan berkas

Keterangan foto bawah :
1. Undangan wawancara
2. Loket kasir
3. Slip lunas pembayaran dr kasir
4. Paspor lama dan baru. Kerenan yg lama ya sampulnya, garuda nya segede gaban. Yg baru cuma nongol dikit dari balik plastik hehehe


---------------------------------------------------


Sudah sejak lama berniat perpanjang paspor yg akan habis Juni 2012 nanti. Hasil cek web imigrasi ternyata ada sistem online. Coba ahhhh...

Karena ga bisa di akses lewat ipad, maka setelah men-scan fotokopi berkas2 yg diperlukan lgs deh ke snappy tuk daftar via web imigrasi. Huff 3x gagal. Bukan masalah jaringan spertinya, krn koneksi sangat cepat dan scan berkas2 jg uda masuk. Cuma kok tetep aja dinyatakan failed. Menyerahlah....

Sekarang gw mau coba sistem manual alias dtg sendiri ke kantor imigrasi, tanpa calo dan bukan via web. Kantor imigrasi yg terdekat dr rumah ada di kemayoran.

Hari kamis 22 Maret 2012 setelah lapor SPT taunan di kantor pajak. Gw menuju kantor imigrasi which is jaraknya cuma 3gedung. Disana gw hanya beli formulir di koperasi. Harganya 7500 rupiah terdiri dari amplop kuning + formulir PERDIM 11.

Selasa 27 Maret 2012,

Jam 6 pagi berangkat menuju tekape tuk naro berkas. Sampai di kantor itu jam 06.11, gw nulis nama di secarik kertas di meja sekuriti. Dapet di urutan 3. Setelah nulis nama gw pulang lagi, sarapan n nyiapin bento Cheryl.

Jam 07.15 berangkat lg ke kantor imigrasi,sampe sana dah lumayan banyak org menunggu di bawah. Ngobrol2 sama beberapa org, yg sampe di kantor imigrasi jam 7.15 dpt nomer urut 38. Jreeeng!

Jam 7.30 ada petugas menggiring kita smua menuju ke atas. Kantornya memang posisinya dilantai 2. Yg mau mengumpulkan berkas di bariskan di tangga sesuai nomer urut yg td pagi di tulis di pos satpam.

Ibu2 deket gw ngomel ke sekuriti "pak, ngapain sih baris disini. Tuh kursi pd kosong, tinggal panggilin aja nama kita nanti, kita jg ga bakal desek2an, kan uda ada nomer urutnya!" Huhuhu kasian jg sekuritinya, soale dia cuma disuru ama petugas berbaju dinas biru. Akhirnya tu sekuriti lapor ke petugas dan kami disuru duduk.

Alhamdlillah juga ada ibu2 galak tadi, soale kalo gw browsing smua pengalaman orang2 ya baris di tangga. Hahaha!

Jam 7.50 nama orang dengan nomer urut 1 & 2 dipanggil. Pas diperiksa sekilas ternyata mereka ga bawa dokumen asli, jd disuru ambil dulu. Alhamdulillah berkas gw lengkap dan jadilah nomer urut gw naik jadi nomer satu alias A001 horeeee.

Gw disuru menunggu di kursi depan loket 1,2,3.

Jam 8.20 petugas memberitahu dengan microfon apa saja syarat2 yg diperlukan.

Jam 8.40 nomer antrian gw dipanggil menuju loket 3. Di cek smua kelengkapan berkas fotokopian. Dokumen asli hanya di lihat apakah sama dengan fotokopi lalu dikembalikan. Stelah smua berkas lengkap, petugas loket memberikan secarik kertas berisi undangan wawancara tuk Kamis 29 maret 2012. Alhamdlillah selesai 1tahap.

Kamis, 29 Maret 2012

Huaaa bangun kesiangan gara2 lg ga sholat. Liat jam kayanya ga sempet kalo mandi, jd langsung aja cuci muka trus naik ojek ke imigrasi. Sampe sana uda jam 6.25, Slip undangan wawancaranya di kumpulin ke pak sekuriti dan alhmdulillah dapet nomer urut 1. Segera pulang lagi tuk mandi, makan n nyiapin bento Cheryl.

Jam 7.45 berangkat lg ke imigrasi. Sampe sana ga lama lgs di suru naik, yg jadwal wawancara disuru duduk di depan loket 123.

Jam 8.20 nama gw dipanggil, di kasi slip untuk ke kasir. Langsung deh menuju area sebelah kanan , duduk di kursi tunggu depan kasir.

Jam 8.30 nomer urut gw di panggil kasir, langsung bayar pake uang pas Rp. 255.000. Trus disuru duduk tunggu dipanggil lagi katanya.

Jam 8.40 dipanggil lg oleh kasir lalu dikasi kertas tuk menunggu panggilan wawancara.

Jam 8.45 dipanggil masuk ruang kaca khusus foto dan wawancara. Aduh cantik si mbaknya. Foto dan wawancara berjalan lancar. Kalo mau tau apa aja pertanyaan saat wawancara, spertinya jgn tanya gw. Krn banyakan ngomongin soal gigi drpd soal tujuan bikin paspor hehehe.

Jam 9.10 selesai wawancara dan foto, dikasi kertas tuk ambil hasil paspor barunya. Gw menuju ruang ambil paspor tuk menanyakan kapan paspor bisa diambil, petugas mengatakan kamis depan.

Kamis, 5 April 2012

Jam 8 menuju imigrasi, langsung ke loket pengambilan paspor, menyerahkan slip pengambilan. Petugas memberi paspor baru, kita disuru fotokopi. Langsung aja ke koperasi minta fotokopi, mereka uda tau kok harus berapa kali dan bagian mana aja, biaya Rp. 1000.

Fotokopian paspor baru diserahkan lagi ke petugas di loket pengambilan, nanti paspor lama jika masih ada visanya akan dikasi ke kita.

Done!

Alhamdulillah, ga ada kendala yg berarti. So, ayo ayo ayo bikin / perpanjang paspor tanpa calo yaaaa

Kesimpulan :
1. Belilah formulir+map kuning di hari2 senggang atau suru orang aja. Isi dirumah+lengkapi berkas. Krn banyak yg belum punya map kuning, lalu terburu2 ke koperasi beli dan mengisi dengan grabak grubuk yg pastinya bikin stres sendiri

2. Bawa dokumen asli KTP, KK, Akte lahir, surat nikah dll yg diperlukan. Ga bawa sama dengan pulang lagi

3. Kalo rumah anda deket dengan imigrasi kaya gw, dtg jam 6 nulis nama trus pulang lagi. Tp kalo rumah jauh ya tetep gw sarankan kudu dtg jam 6 & menunggu aja sampe kantor buka jam 8. Karena gw nomer urut 3 di satpam dan menjadi nomer urut 1 di loket aja, baru dipanggil jam 8.40 lho. Bisa kebayang klo nomer urut puluhan.

4. Nomer antrian dibatasi sampe 75. Jd yg 76 ke atas silakan pulang dan kembali esok

5. Banyak2 istighfar kalo liat org baru masuk tanpa antri tiba2 naro berkas setumpuk ke loket. Tetaplah husnuzhon atau baik sangka *walau susah hehe*

6. Banyak2 istighfar jg kalo melihat kekurangan dlm pelayanan mereka. Kalo mau nanya atau ngasi saran silakan bicarakan dengan baik, krn percuma jg ngomel2 yg ada malah mood kita turun. Setidaknya menurut gw ini sudah selangkah lebih maju krn dulu2 rasanya smua orang lebih memilih pake calo drpd harus ngurus birokrasi kaya gini.

7. Buat yg kerja kantoran, untuk naro berkas mgkn bisa diwakilin kali ya, krn ga ada tandatangan apa2. Cuti saat foto+wawancara aja

8. Rincian pengeluaran :
Map kuning : Rp. 7500
Paspor : Rp. 225.000
Fotokopi paspor baru : Rp. 1000


NB : sssttt saat blog ini ditulis, mba cantik yg wawancara gw dah jd pasien hihihi

Komentar

Postingan Populer